Musda HIPPI DKI IX usulkan Jakarta sebagai pusat ekonomi Indonesia

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali (kedua kiri), Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta 2016-2021 Sarman Simanjorang (kedua kanan), calon Ketua DPD HIPPI DKI Jakarta Uchi Hardiman (kiri), dan Ketua Panitia Musda HIPPI DKI Jakarta Iliyana Trisnawati (kanan) memberi keterangan di sela Musda IX DPD HIPPI DKI Jakarta di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (7/12/2022). ANTARA/Ricky Prayoga/am.

Jakarta (ANTARA) – Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPD HIPPI) DKI Jakarta IX mengusulkan untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat ekonomi di Indonesia setelah ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur.

“Memang sengaja kita angkat tema ‘Mewujudkan Jakarta Sebagai Kota Bisnis dan Ekonomi Nasional pasca Perpindahan IKN’, karena kita semua berharap kekhususan Jakarta tetap ada karena selama ini Jakarta sebagai ibu kota juga menyandang gelar lain sebagai pusat bisnis, perdagangan, perputaran uang, pariwisata dan sebagainya,” kata Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta 2016-2021 Sarman Simanjorang di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu.

Dengan membawa semangat tersebut, kata Sarman, pihaknya berharap nanti dalam proses penyempurnaan undang-undang dalam kekhususan Jakarta HIPPI bisa memberi kontribusi dan pokok pikiran agar undang-undang kekhususan Jakarta itu ketika direvisi ikut mencantumkan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis nasional.

“Itu menjadi harapan kita sebagaimana kita lihat di berbagai negara, ada pusat pemerintah bisnis dan ekonomi seperti di Amerika Serikat pusat pemerintahannya Washington DC, tapi pusat bisnisnya di New York. Kita harapkan ibu kota NKRI adalah di IKN, tapi pusat bisnisnya di Jakarta.

Terlebih, kata Sarman Jakarta telah memiliki infrastruktur yang siap karena sudah hampir 99 persen kantor korporasi besar sudah berlokasi di Jakarta, sehingga jika harus pindah berpotensi menciptakan biaya yang tidak sedikit.

“Jadi biarlah ibu kota tetap pindah, tapi pusat ekonomi dan bisnis tetap di Jakarta. Itu menjadi harapan kita,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, HIPPI DKI Jakarta juga mengagendakan memilih pemimpin baru di mana saat ini terdapat nama Uchi Hardiman sebagai calon yang kemudian akan dipilih oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HIPPI DKI dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Kandidat Ketua HIPPI DKI Jakarta yang sudah mencuat adalah ibu Uchi Hardiman. Sejauh ini beliau memperoleh dukung maksimal. Beliau sepertinya akan dapat terpilih secara aklamasi,” ucapnya.

Dengan kepemimpinan baru, Sarman berharap HIPPI DKI Jakarta bisa berkontribusi dalam memberikan pokok-pokok pikiran pada pemerintah di Jakarta khususnya mengenai isu ketenangan kerjaan, isu ekonomi, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) secara objektif dan menawarkan solusi yang berkeadilan.

“Sehingga eksistensi HIPPI ke depan bisa semakin maju, dan tentu harapan dari kawan-kawan anggota HIPPI yang 99 persen adalah pelaku UMKM yang mengharapkan mereka menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mendapat perhatian pemerintah, dibina dan diberdayakan sehingga menjadi kekuatan ekonomi yang bisa menopang ekonomi di DKI Jakarta,” ucapnya.

Musda HIPPI DKI Jakarta itu sendiri dibuka oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali.

Marullah mengatakan, tema yang diangkat yakni “Mewujudkan Jakarta Sebagai Pusat Bisnis dan Ekonomi Nasional Pasca Perpindahan Ibukota” sangat sejalan dengan Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Ibu Kota Negara di mana Jakarta sudah tidak akan lagi memiliki kekhususan sebagai ibukota.

“Jakarta harus bersiap, semua harus bersiap menyukseskan. Tidak ada pilihan kecuali menyukseskan perpindahan IKN. Jakarta kita harapkan bisa jadi pusat bisnis dan ekonomi nasional,” ujarnya.

Menurutnya, selama sepuluh tahun kepemimpinan Sarman Simanjorang sebagai Ketua DPD HIPPI DKI Jakarta, dia telah mampu membangun komunikasi dan bersinergi sangat baik dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Sangat luar biasa, kita doakan beliau bisa terus melanjutkan kiprah dan memberikan kontribusi terbaik tidak hanya bagi Jakarta, tapi juga Indonesia,” tuturnya.

Dengan akan terpilihnya ketua baru, Marullah berharap kepemimpinan Sarman Simanjorang yang sudah baik dapat dilanjutkan pengurus DPD HIPPI DKI Jakarta di periode 2022-2027.

“Saya ingin HIPPI DKI Jakarta terus menjadi bagian penting perkembangan dan kemajuan ekonomi,” ucap Marullah.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *